“Ayo Kembali ke Bisnis”, Cara Mahasiswa STAINU - Dakaran Rescue Geliatkan Potensi UMKM - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 30 Juli 2020

“Ayo Kembali ke Bisnis”, Cara Mahasiswa STAINU - Dakaran Rescue Geliatkan Potensi UMKM

Program Inovasi Ekonomi Kreatif KKN STAINU Temanggung. (Foto: Istimewa)
Alhimna.com - Pandemi Covid-19 benar-benar membuat sebagian bahkan skala besar ekonomi mulai runtuh. Banyak negara-negara yang terancam masuk jurang resesi, namun, ada satu hal yang bisa menjadi solusi praktis untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan penguatan ekonomi lokal melalui branding Usaha Mikro Kecil Mandiri (UMKM). 

Bertempat di Dusun Campurejo Desa Geblog Kecamatan Kaloran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 STAINU Temanggung tahun 2020 Yulian Wahyu Aji mengadakan kegiatan yang bertajuk "Program Inovasi Ekonomi Kreatif" pada Kamis (30/7/2020). 

Kegiatan ini berisikan proses membuat gelang kreasi kemudian melakukan sedikit treatment marketing  melalui jejaring dunia maya, market place atau pun platform jual beli online lainnya.  

Dengan slogan "Ayo Kembali ke Bisnis!" ia menilai hal ini cukup ampuh untuk memulihkan kembali ekonomi walau dari skala yang cukup kecil.

"Kegiatan ini memang saya buat dengan alasan saya melihat ekonomi ini kan agak gimana gitu ya, terus saya melihat ada beberapa potensi yang bisa digali dari kawan-kawan terutama di bawah komando Mbak Lia ini, nah munculah ide gila saya yang akhirnya pengin membuat kegiatan seperti ini dengan menggandeng beberapa tim yang nantinya bisa untuk dilakukan pelatihan jual beli daring walaupun sedikit dengan memanfaatkan platform jual beli dan market place lokal maupun interlokal," tutur Divisi Advokasi Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia Kedu tersebut. 

Semantara Lia Febriyanti sebagai promotor kegiatan ini juga berterimakasih atas sumbangsih nyata dari mahasiswa KKN dan tim Dakaran Rescue atas program yang dicanangkan yaitu program inovasi ekonomi kreatif pembuatan gelang untuk kemudian difollow up di platform jual beli online.

"Pokoknya terima kasih banget sama mahasiswa KKN dan tim Dakaran Rescue yang sudah mau berbagi pengalaman, sharing bisnis dan sharing ilmu juga apalagi di tengah pandemi ini saat ekonomi sedang lesu sektor UMKM memang harus kita kuatkan agar nantinya bisa menjadi roda pemulih ekonomi, saya juga berharap efek jangka panjang dari kegiatan ini ya memang platform market place itu bener-bener bisa dirasain manfaatnya buat saya, temen-temen dan masyarakat nantinya," sambung penggerak kegiatan ini.

Di sisi lain harapan nyata juga muncul dari Agung Setiawan Sekretaris Dakaran Rescue bahwa ke depan akan ada arah ekonomi baru di wilayah Geblog secara menyeluruh ketika pemuda lokal mau bergerak dan mau berkembang di dunia bisnis walaupun memang masih dalam skala kecil.

"Harapan besar saya sandarkan kepada kawan-kawan Dakaran Rescue dan Mas Yulian sebagai mahasiswa KKN dari STAINU Temanggung, ketika mindset pemuda bisa berbalik arah menuju hal yang baik dan positif maka saya yakin produksi ini bisa menjadi branding utama untuk pemuda Geblog yang bisa menyeluruh, selain itu saya juga berharap ada inovasi terbarukan yang muncul dari pemuda serta terus mendapatkan pendampingan, pengembangan dan perluasan produk baru," pungkas alumnus SMK dr. Soetomo itu. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here