Intensifkan Cegah Covid-19, LPBI NU Banyumas Semprot Disinfektan - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 28 Maret 2020

Intensifkan Cegah Covid-19, LPBI NU Banyumas Semprot Disinfektan

LPBI NU Banyumas semprot disinfektan. (Foto: Musmualim)
Alhimna.com - Berbagai pihak terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran covid-19 dengan sosialisasi preventif dan penyemprotan disinfektan. Tak terkecuali Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Banyumas yang ikut berperan dalam penyemprotan disinfektan dan pembagian hand sanitizer di sejumlah tempat, Sabtu (28/3/2020).

Hal ini dilakukan mengingat semakin meningkatnya gejala penyebaran covid-19 dan telah diberlakukan lockdown pada tiap kecamatan di Banyumas. Kewaspadaan ini perlu ditingkatkan sebagai antisipasi dini penyebaran virus corona.

“Langkah ini diambil sebagai upaya berkelanjutan dari pencegahan covid-19 yang telah diberlakukan lockdown setiap kecamatan. Misalnya di Kecamatan Kedungbanteng telah didirikan tujuh titik posko gugus tugas pada jalur keluar atau masuk wilayah kecamatan,” kata Ketua LPBI NU Kabupaten Banyumas, Wuryanto Al Maghfuri.

Menurutnya, kondisi ini perlu disikapi oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk organisasi sosial kemasyarakatan. Seperti diketahui, LPBI NU menjadi lembaga yang secara struktural-organisatoris sebagai pelaksana kebijakan dan program NU di bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim, dan pelestarian lingkungan.

Untuk itu, lanjut Wuryanto, diberlakukannya lockdown pada setiap kecamatan di Kabupaten Banyumas menjadi peringatan serius untuk warga masyarakat agar tidak keluar rumah tanpa alasan mendesak. Sehingga kerjasama dan partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk tetap dirumah, mengurangi aktivitas diluar dan menghindari kerumunan masa.

“Penyemprotan kali ini difokuskan pada tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Baturraden, Purwokerto Utara dan Kedungbanteng. Sasaran yang dituju meliputi masjid, pondok pesantren, madrasah diniyah dan tempat umum lain,” jelasnya.

Relawan LPBI NU Kabupaten Banyumas, Ahmad Musholih menyampaikan intensifikasi penyemprotan disinfektan dan pembagian hand sanitizer merespon perubahan terkini. Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Banyumas.

“Acara dipimpin oleh Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang NU Kabupaten Banyumas. Relawan secara sukarela bahu membahu membagi hand sanitizer dan mendatangi beberapa tempat untuk disemprot,” terangnya.

Diberlakukannya lockdown, tambah Musholih, menjadi perhatian semua pihak untuk waspada dan saling menjaga. Bagi para pemudik atau pendatang dari luar kota diharap untuk cek kesehatan di puskesmas atau posko yang telah didirikan pemerintah.

“Selain menyemprot dan membagi hand sanitizer, relawan juga menghimbau masyarakat melalui pengeras suara dengan mobil keliling. Meski sederhana, cara ini dianggap lebih menarik dan mendekatkan ke masyarakat,” pungkasnya. (mm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here