Ziarah dan Wisata, Agenda Tahunan MTs Ma’arif Kertek Wonosobo - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 11 Februari 2020

Ziarah dan Wisata, Agenda Tahunan MTs Ma’arif Kertek Wonosobo

Ziarah dan wisata MTs Ma'arif Kertek Wonosobo.
Alhimna.com - Salah satu program tahunan di MTs Ma'arif Kertek Wonosobo adalah Ziwasta (Ziarah dan Wisata)  di mana program ini wajib diikuti oleh para siswa kelas VIII. Ziwasta yang berlangsung dari tanggal 11 - 14 Februari 2020 ini dikuti 200  siswa lebih ditambah guru dan karyawan sebagai panitia dan pendamping yang terbagi dalam lima bis besar.

Sebelum berangkat peserta Ziwasta membaca doa dan asmaul husna yang dipandu oleh kepala madrasah, H. Hamim, S.Ag.
Obyek atau rute  safari ziwasta start dari madrasah pukul 07.30 wib meluncur ziarah ke makam Syeh Mahdum Wali yang berlokasi di Banyumas untuk berziarah dan tahlil bersama yang dipandu oleh K. Slamet Mustaqim alhafidz sekaligus sholat jamak taqdim dhuhur dan asar di lokasi makam.

Selesai kegiatan di komplek makam Syeh Mahdum Wali, dilanjutkan safari ziarah ke Sunan Gunung Jati Cirebon. Peserta ziarah diimbau untuk infaq seihlasnya di kotak yang tersedia, sambil berjalan menuju makam kanjeng sunan.

Di lokasi makam seluruh siswa dan pendamping duduk dengan tertib untuk mengikuti tahlil bersama yang dipandu oleh kepala madrasah dan K, Slamet Mustaqim. Selesai tahlil dan doa bersama para siswa dikawal ke masjid untuk sholat berjamaah jamak takhir maghrib dan isya. Perjalanan dilanjutkan ke Ibu kota Jakarta sekitar jam 04.00 tiba di komplek masjid istiqlal untuk kegiatan  mck dan sholat subuh berjamaah.

Setelah sarapan pagi peserta persiapan menuju obyek wisata Gelanggang Samudra dan Dunia Fantasi Ancol sampai sore hari.

Route berikutnya adalah perjalanan menuju Pangandaran untuk tadabbur alam di lokasi pantai Batukaras.  Islam mengajarkan agar manusia dengan akalnya untuk bertafakkur terhadap ciptaan Allah SWT yakni laut, gunung, pemandangan alam yang indah lainnya dan segala yang ada di alam raya ini.

Maksud dan tujuan diadakannya program Ziwasta ini adalah pertama untuk "mengenalkan makam para waliyullah sekaligus mengamalkan amaliyah ahlussunnah waljamaah annahdhiyah sebagi madrasah yang bernaung di lembaga pendidikan Ma'arif yaitu ziarah dan tahlil bersama. Yang kedua adalah untuk tafakkur alam yang ada di di jagad raya ini," kata kepala madrasah.

Di akhir tulisan ini semoga kegiatan ziarah dan wisata ini akan bermanfaat bagi siswa, guru dan lembaga pendidikan MTs. Ma'arif Kertek Wonosobo ini. Amin. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here