Tangkal Hoaks, 85 Kader Ansor Ikuti Madrasah Cyber Media - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 22 Februari 2020

Tangkal Hoaks, 85 Kader Ansor Ikuti Madrasah Cyber Media

Madrasah Cyber Media PC Ansor Brebes.
Alhimna.com - Kegiatan Ansor itu banyak, termasuk Kader Ansor juga tersebar di semua desa dan mereka harus menjadi pelapor dan pelopor untuk perubahan perilaku masyarakat, melalui penyebarluasan informasi yang akurat dan cepat.

Madrasah Cyber Media menjadi gerbang awal bagi kader Ansor untuk melakukan pemberdayaan, termasuk menangkal berita hoaks dan menjawab konten-konten yang tidak layak konsumsi masyarakat. Demikian disampaikan Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Brebes Ahmad Munsip pada saat pertemuan MCM (Madrasah Cyber Media) di Gedung MWC NU Kecamatan Bulakamba, Sabtu (22/02/2020).

Munsip menambahkan, Kegiatan MCM berawal dari keprihatinan kami ketika melihat beberapa media sekarang ini hampir seluruhnya dikuasai oleh kelompok minhum. Sebagai contoh, saat kita mencari di google tentang bab wudlu, maka yang muncul adalah website minhum menempati peringkat atas, dan ini akan terbaca oleh publik, bagi publik yang tidak tahu, pastinya akan meniru atau mencontohkan urutan sesuai pemberitaan yang ada, dan masih banyak contoh lainnya.

Atas dasar tersebut, pihaknya memfasilitasi pertemuan gelar potensi kader melalui MCM dengan mengasah dan mengeluarkan potensi dan bakat yg dimiliki kader Ansor dalam bidang jurnalistik.

Sementara itu, Ketua Panitia MCM GP Ansor Kabupaten Brebes M. Muzaqi menjelaskan, kegiatan ini bagian dari pemberdayaan kader dalam bidang dakwah media sosial, khususnya penguasaan informasi-komunikasi dan jurnalistik dasar.

"Kader dapat memperkenalkan dan mempublish tokoh-tokoh NU setempat, hasil-hasil kajiannya dan kutipan-kutipannya (quotes) melalui media social dan web, Kader dapat membuat dan mempublish konten-konten menarik yang sejalan dengan ajaran Ahlussunnah Waljamaah Nahdlatul ‘Ulama, kader dapat menulis berita/artikel/opini dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah jurnalistik, dan kader dapat menangkal berita hoaks yang akhir-akhir ini banyak dan massif beredar di dunia maya dengan menyebarkan dan informasi-informasi yang bermanfaat dan membangun optimisme, serta menjaga kebinekaan, " terangnya.

Mereka yang terlibat MCM adalah 65 kader Ansor dengan perincian zona 1 wilayah Brebes utara dan tengah,  dan 20 kader mengikuti kegiatan MCM di zona 2 wilayah Brebes Selatan. (bu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here