MTs Ma'arif Kertek Gelar Spiritual Building Training - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 28 Februari 2020

MTs Ma'arif Kertek Gelar Spiritual Building Training

Spiritual Building Training MTs Ma'arif Kertek Wonosobo. (Hamim)
Alhimna.com - Di  beberapa satuan pendidikan menjelang ujian di samping ikhtiar lahiriyah juga diadakan ihtiar bathiniyah. Di MTs Ma'arif Kertek Wonosobo juga tidak ketinggalan bahwa menjelang ujian selalu mengadakan mujahadah. Kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 21 Februari dan akan dihatami tanggal 17 April 2020 setiap ba'da jum'at dimulai pukul 14.00 sampai 15.15 WIB. 

Namun mujahadah pada Jum'at, 28 Februari 2020 berbeda dengan mujahadah sebelumnya karena digabung dengan motivasi siswa Spiritual Building Training (SBT)  yang diikuti oleh siswa siswi, orang atau wali siswa, dewan guru dan karyawan MTs. Ma'arif Kertek Wonosobo. 

Manual acara dibuka dengan surat alfatihah, pembacaan ayat-ayat suci alqur'an dan sholawat, sambutan kepala madrasah dan mujahadah dipimpin oleh Darul Muntaha, MPd.I. 

Setelah doa mujahadah dibaca acara dilanjutkan mukodimah arahan tentang hipno atau psiko terapi dari tim hipno terapi mas Emte dan kawan-kawan dari Kalikajar Wonosobo. Di alam bawah sadar  para siswa dan siswi diminta seolah mencatat hal-hal negatif di dalam kertas yang pernah dialami, seperti berani dengan orang tua, malas belajar, tidak sholat, mencuri, merokok, membolos, patah semangat dan merasa sulit dengan pelajaran matematika, inggris, arab dan sebagainya. 

Masih di alam bawah sadar mereka maka tim SBT menginstruksikan agar catatan kehidupan negatif selama ini diremas, lupakan dan buanglah jauh-jauh. Selanjutnya di alam bawah sadar yang disertai tangis dan jeritan histeris para siswa dan siswi dibawa pada suasana dihadapan  ayah dan ibu mereka agar bertaubat dan minta maaf atas dosa dan kesalahannya kepada kedua orang tua. Juga sugesti  internalisasi nilai positif, motifasi semangat belajar, beribadah, keberanian dan percaya diri dalam menghadapi ujian. Subhanallah, para siswa dan siswipun semakin keras tangis dan histeris. 

Suasana ruangan pun semakin tegang dan mencekam ketika ayah dan ibu  mereka menyaksikan putra putrinya  menangis menyesali perbuatan negatifnya. Tidak sedikit orang tua mereka yang tegang, menangis dan bingung melihat pemandangan yang tak biasa ini. 

Kegiatan hipno terapi ini berlangsung lebih kurang satu stengah jam, setelah  dirasa cukup maka siswa siswi dinetralkan kembali. Sebagian siswa yang kami wawancarai mengapa sempai menangis histeris rata-rata jawaban mereka adalah takut karena banyak salah terhadap kedua orang tua mereka.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai moral malalui alam bawah sadar para siswa agar termotivasi untuk berbuat baik terhadap orang tua, guru dan sesama teman sehingga insyaAllah akan berdampak positif," kata kepala madrasah. (ha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here