Cara TK Tarbiyatul Athfal 02 Kutoharjo Kenalkan NU Sejak Dini - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 08 Februari 2020

Cara TK Tarbiyatul Athfal 02 Kutoharjo Kenalkan NU Sejak Dini

Sebagian murid menunjukkan lambang NU yang sudah diwarnai.
Alhimna.com - Mengenalkan jam'iyah Nahdlatul Ulama (NU) sejak dini menjadi tugas pendidikan yang paling bawah, misalnya taman kanak-kanak (TK). Tujuannya agak kelak anak-anak selain cinta kepada NU juga tidak diambil alih kelompok lain. 

Salah satu kegiatan pembelajaran di TK Tarbiyatul Athfal 02 Desa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal sebagai pembelajaran  mengenal NU sejak dini, Jum'at (7/2/2020) menggelar kegiatan mewarnai lambang NU yang berlangsung di sekolah setempat. 

Kegiatan mewarnai lambang NU yang diikuti 80 peserta didik itu dibagi menjadi 4 kelompok. Saat kegiatan berlangsung anak-anak tampak semangat untuk mewarnai lambang NU sampai selesai. 

Penanggung jawab kegiatan, Diana Fatma Dewi menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan lambang dan simbol NU sejak dini. "Juga menumbuhkan pengetahuan dan kecintaan pada NU dan aswaja," jelasnya. 

Menurut perempuan yang akrab disapa Bu Dewi itu selain mengenal lambang NU sejak dini anak-anak juga diajari tepuk NU, melantunkan lagu Syubbabul Wathan, mengenal tokoh pendiri NU dan lain-lain. 

Di lembaga yang bernaung di bawah YPMNU Kabupaten Kendal itu kegiatan pembiasaan amaliyah NU yang biasa dipraktikkan beragam macamnya. 

"Berdo'a sebelum dan sesudah kegiatan, hafalan do'a-do'a harian beserta arti dan adabnya, asma'ul husna, shalawat asyghil, shalawat nariyah, hafalan surat-surat pendek, praktik wudlu dan shalat, melantunkan syubbanul wathan, memperingati hari besar Islam termasuk menyantuni anak yatim serta maulidan," terang guru kelas B2 ini. 

Adapun tujuan yang lain lanjutnya untuk mempersiapkan perlombaan dalam rangka memperingati harlah NU ke-94. 

Lomba-lomba tersebut rencananya akan dilaksanakan berjenjang. Diawali dari tingkat Kecamatan Kaliwungu pada 19 Februari mendatang di PAUD Masithoh Kaliwungu. Dilanjut tingkat Kabupaten 29 Februari di Gedung Muslimat Kendal. Dan tingkat Provinsi 14 Maret Mendatang bertempat di Islamic Center Semarang. 

Adapun berbagai lomba yang akan dilaksanakan di antaranya Lomba Paduan Suara Syubbanul Wathan, Lomba Mewarnai Lambang NU, Lomba Hafalan Surat-surat Pendek Al-qur'an, Lomba Shalat Subuh Berjama'ah, dan Lomba Adzan dan Iqamat Subuh. 

Ditanya tentang persiapan lomba, guru yang berdomisili di Dukuh Sabranglor Desa Kutoharjo RT. 05 RW. 06 Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal itu mengatakan akan memaksimalkan siswa waktu yang ada dengan semaksimal mungkin. 

"Kami berharap anak-anak dapat melaksanakan seleksi ini dengan sungguh-sungguh sehingga akan menghasilkan karya terbaik," harapnya. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here