Perjalanan Menuju Rumah Mbah Liem, Gus Dur Berikan Tips Sukses Hidup - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 15 September 2019

Perjalanan Menuju Rumah Mbah Liem, Gus Dur Berikan Tips Sukses Hidup

KH Abdurrahman Wahid. (Foto: kompas.com)
Oleh : Purnomo Adi, santri Kiai Ali Maksum Krapyak
 
Pada suatu hari saya kebetulan menemani perjalanan Gus Dur dari Yogya menuju Klaten. Tujuan utama bertamu di kediaman KH Muslim Imampuro. Di dalam mobil yang disopiri Ghofur ada Mas Zastrow dan Kang Mas Majidun dari IAIN Suka menuju kediaman KH. Muslim Imam Puro (Mbah Lim Klaten).

Saat itu, Gus Dur memberikan tips sukses dalam hidup. Apa itu?
 
Kalau punya keinginan tambah ilmu yang manfaat dan barakah ya tawasul di makam gurumu dan ditambah tawasul di makam Mbah Dalhar Gunung Pring serta Mbah Nur Iman Mlangi.

Kalau punya keinginan sukses berdagang ya tawasul di makam gurumu ditambah tawasul di makam Sunan Bonang.

Lha kalau di makam orang tuamu yang awam ya baca Tahlil Yassin sebagai tanda baktimu dan sampean mohonkan ampunan kedua orang tuamu itu.

Kalau senang berpolitik ya tawasul di makam gurumu ditambah tawasul di makam Sunan Ampel Surabaya dan tawasul di makam Syekh Abdul Qodir Tiam Han (Trowulan).

Kemudian Gus Dur melanjutkan bahwa ziarah kubur ulama/ wali itu ya sembari mengerti sejarah perjuangannya, laku prihatinnya dan wirid kesukaannya lha kalau seperti ini ya cespleng tawasulnya.

Jangan seperti Fulan punya keinginan jadi pejabat kok ziarah kubur tawasul di Makam Mbah Nur Iman ya secara spiritual dimarahi sama beliau.

“Aku saja meninggalkan tahta kerajaan kok kamu membuat aku sebagai wasilah minta jabatan ya nggak dikabulkan sama Allah,” kata Mbah

Kalau yang ahli ziaroh Wali Songo itu diurutkan dari yang tua dan diakhiri di yang muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here