Parent Education, Tumbuhkan Impian ke Tanah Suci Sejak Dini - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 13 September 2019

Parent Education, Tumbuhkan Impian ke Tanah Suci Sejak Dini

Anak-anak bersama orang tua KB Al-Azhar praktik manasik haji.
Alhimna.com - Parent Education Haji yang bertajuk "Membentuk Keluarga Sakinah Mengikuti Pola Baitullah Ka'bah" yang diselenggarakan oleh KB Al-Azhar dan bekerja sama dengan al-Mawaddah di Kompleks Pondok Entrepreneur al-Mawaddah, Honggosoco, Jekulo, Kudus, bukan sekadar manasik haji biasa. 

Pengasuh Pesantren Entrepreneur al-Mawaddah, H. Sofiyan Hadi mengungkapkan program parent education yang dilaksanakan oleh peserta didik dan didampingi orang tua bertujuan untuk belajar praktik ibadah. "Selain itu menumbuhkan impian ke tanah suci kepada anak sejak dini. Juga nilai-nilai pendidikan keluarga dalam proses haji," paparnya, Jumat (13/9/2019).
 
Sofiyan melanjutkan dengan menguraikan rukun haji ia menyebutkan Arafah artinya mengajarkan agar kita mengenal potensi diri, bakat dan jenis kecerdasan. Muzdalifah adalah momen persiapan membekali diri dengan ilmu, wawasan, dan keterampilan dengan bentuk simboliknya kerikil. 

Mina artinya harapan dan cita-cita. "Semoga dengan melempari berbagai godaan dan rintangan di jumrah ula wustha aqabah kita menjadi pribadi yang kuat, mandiri dan berprestasi," jelasnya ketika membimbing jalannya manasik.

Senada dengan Sofiyan Hadi, Hj. Khadijah sesuai dengan tema yang diangkat manusia diajarkan untuk meneladani keluarga Nabi Ibrahim as.
 
"Hajar Aswad itu simbol Ibu, selalu nempel Ka'bah. Ia setia dalam mendidik dengan cinta seperti ibu hajar. Maqam ibrahim itu simbol ayah, tegak berdiri kokoh dan bertanggung jawab, nah, Hijir Ismail itu simbol anak yang saleh dan taat seperti Ismail as," sambung Khadijah, Direktur Eduwisata Mawaddah.

Sementara Hj. Eni Misdayani, Penyelenggara KB Al-Azhar menyampaikan dengan kegiatan bersama orang tua pihaknya berharap dapat menambah ruang kedekatan dan kebersamaan orang tua dan anak dalam proses pembelajaran di usia keemasannya.
 
Eni menjelaskan dengan mengajarkan ibadah haji kepada anak, seketika langsung praktik juga memberikan dampak positif bagi mereka. "Misalnya, pada aspek sosial, melatih kesabaran, karena desain yang dibuat al-Mawaddah ini skemanya mirip ibadah haji sungguhan, mereka pula mendapat pengetahuan bagiamana bersabar, menahan diri dari amarah karena berdesakan, antrian, ketika melaksanakan ibadah haji," terangnya.

Kegiatan parent education ini dilaksanakan dalam dua tahap. Pada kelompok play group dan kelompok persiapan dengan jumlah 240 peserta didik. (fa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here