Tangkal Hoaks Agar Jadi Pelajar NU Bijak - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 27 Januari 2019

Tangkal Hoaks Agar Jadi Pelajar NU Bijak

Seminar pelajar anti hoaks PKPT IPNU-IPPNU Unikal.

Alhimna.Com - Ratusan pelajar kota batik mengikuti Seminar Pelajar selepas acara pelantikan PKPT IPNU-IPPNU Universitas Pekalongan (Unikal) bertempat di Aula Setda Walikota Pekalongan, Rabu (23/1/2019) kemarn. 

Seminar bertema "Membangun Mindset Anti Hoax di Kalangan Millenial" tersebut dihadiri perwakilan SMA dan MA se-Kota Pekalongan.

Para peserta antusias dalam mengikuti pemaparan yang disampaikan Abu Hasan Asy'ari, PW IPNU Jawa Tengah. 

Acara yang dipandu Kristi Indriyanti, kader PKPT Unikal asal Pemalang menambah guyubnya acara sore itu. Apalagi dipadu dengan iringan akustik KISOQU Band membuat peserta tidak mau sedikit pun beranjak dari tempat duduk. 

Menurut Ketua Bidang Kaderisasi PW IPNU Jateng di era millenial saat ini, di mana akses informasi dan media yang tak terbatas membuat informasi darimana pun sumbernya bisa diterima dan dikonsumsi siapa pun. Apalagi para pelajar yang rata rata menghabiskan sebagian harinya untuk berselancar di media online. 

Hal tersebut membuat 2 kemungkinan yang akan terjadi; antara menjadi pengguna media yang bijak atau justru menjadi salah satu agen penyebar informasi yang belum tentu tahu kebenarannya, tinggal share dan share. 

"Lalu bagaimana caranya kita para pelajar dapat menjadi salah satu pengguna media online yang bijak," tanya Eko salah satu peserta seminar. 

Salah satu peserta seminar antusias untuk bertanya pada narasumber.
"Tugas pelajar adalah belajar saat di mana mendapat berita yang tidak jelas sumbernya ya ditanyakan atau ditabayunkan kepada yang lebih ahli kalau masalah agama ya sama rekan rekan IPNU- IPPNU Cabang atau langsung sama kiainya masing-masing. Sekarang ini para pelajar lebih memilih hal yang instan, jika mau mengetahui suatu permasalahan sudah enggan bertanya sama ahlinya, tinggal klik aja di mbah google," tandas pria yang akrab disapa Abud ini. 

Kader NU asal Kudus itu menambahkan pelajar hari ini bukan hanya pengguna media online akan tetapi juga harus menjadi penyaji media sebagai tangan panjang kiai-kiai menyampaikan perihal kebutuhan masyarakat di dunia digital. 

Seminar tersebut mendapat antusias di kalangan pelajar Kota Pekalongan. Isu-isu hoaks yang sudah menjadi tranding di media online menimbulkan keresahan tersendiri.

"Alhamdulillah Rekan Abud selaku Ketua Kaderisasi PW IPNU Jawa Tengah bisa turut mengarahkan para pelajar dalam menyikapi Hoaks di era sekarang ini," pungkas Arkhan Ketua PC IPNU Kota Pekalongan. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here