PGMI dan PIAUD STAINU Gelar Seminar Regional - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 17 Desember 2018

PGMI dan PIAUD STAINU Gelar Seminar Regional

Seminar Regional "Strategi Menjadi Guru Berprestasi Melalui Literasi"

Alhimna.Com – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, bekerjasama dengan Penerbit Formaci Semarang serta Harian Jateng menggelar Seminar Regional bertajuk “Strategi Menjadi Guru Berprestasi Melalui Literasi” Sabtu (15/12/2018) siang.

Seminar ini mendatangkan Dian Marta Wijayanti guru SDN Sampangan 01 Kota Semarang yang menjuarai beberapa even, tingkat regional maupun nasional, Heri Susanto Pemimpin Umum Harianjateng.com dan kegiatan dihadiri puluhan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Hamidulloh Ibda, Kaprodi PGMI STAINU Temanggung mengatakan literasi abad 21 tidak cukup jika sekadar literasi lama.

“Sekarang era Revolusi Industri 4.0, mendorong kita harus melakukan literasi baru, yaitu literasi data, teknologi, dan literasi manusia sebagai pelengkap dari literasi lama, yaitu membaca, menulis, dan berhitung,” ujar penulis buku Sing Penting NUlis Terus tersebut.

Di sisi lain, sebagai calon guru, mahasiswa Jurusan Tarbiyah harus dapat melakukan 3 pilar literasi. “Jadi apa yang kita lakukan dalam perkuliahan, harus menyasar pada 3 pilar literasi, yaitu membaca, menulis, dan mengarsipkan,” tegas penulis buku Media Literasi Sekolah tersebut.

Sementara itu, H. Muh Baehaqi, Ketua STAINU Temanggung menegaskan dalam sambutannya, pemakaian alat-alat teknologi harus dimanfaatkan mahasiswa untuk kegiatan positif.

“Semua punya android, maka kita harus memanfaatkannya untuk kegiatan positif yang mendukung literasi. Jangan hanya gunakan HP untuk WA dan Facebook saja. Banyak manfaat positif untuk menyimpan e-book, kitab-kitab kuning, dan ini sudah saya praktikkan dan terapkan dalam pembelajaran,” beber dia.

Menurut doktor jebolan UII Yogyakarta itu, kegiatan tersebut sangat bagus meskipun hanya dipersiapkan tiga hari. “Ini bagus, karena tak perlu banyak rencana tapi langsung terlaksana. Ini langkah cerdas,” katanya.

Usai kegiatan, acara dilanjutkan dengan MoU antara Prodi PGMI dan PIAUD, dengan Penerbit Formaci dan Harianjateng yang disaksikan semua peserta. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here