Dandim Ziarahi Makam Kasultanan Bintoro Demak - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 10 Oktober 2018

Dandim Ziarahi Makam Kasultanan Bintoro Demak

Dandim menziarahi makam Kasultanan Bintoro Demak. (Pendim Demak)

Alhimna.Com - Memperingati HUT KE 73 TNI Tahun 2018 Komandan Kodim 0716 Demak, Letkol. Inf. Abi Kusnianto beserta jajarannya berziarah ke makam Kasultanan Bintoro Demak, Senin (8/10/2018) pagi.

Sebelum berziarah, rombongan TNI ini terlebih dahulu menjalankan salat Dluha di Masjid Agung Demak yang berada dalam satu kawasan dengan makam Kasultanan Bintoro Demak.

Dalam Makam Kasultanan Bintoro Demak terdapat makam Sultan Demak yang pertama, Raden Patah. Raden Patah (Sultan Fatta) berkuasa dari 1478 hingga 1518.

Ada juga makam Raden Patiunus yang berkuasa tahun 1518 hingga 1521. Raden Trenggono berkuasa dari 1521 hingga 1546, dan juga makam Putri Campa ibunda Raden Patah.

"Tujuan kami berziarah, sebagai bentuk penghargaan dari jajaran Kodim 0716 Demak kepada pendiri kota Demak. Tentunya kami harus mendoakan kepada beliau yang telah memperjuangkan agama Islam dan keberadan kabupaten yang mendapat julukan Kota Wali ini.”

Kedatangan pihaknya juga untuk kulonuwun karena keluarga besar Kodim 0716/Demak menggelar hajatan besar yaitu melaksanakan rangkaian kegiatan memeriahkan HUT KE 73 TNI Tahun 2018 di antaranya adalah pameran Alusista dan pengajian akbar yang akan di laksanakan di Alun-alun Simpang Enam Kabupaten Demak.

Sebagai catatan, kawasan Masjid Agung Demak jamak dikunjungi peziarah yang akan melakukan ritual doa dan zikir untuk Sultan Demak.

Tidak setiap saat mereka akan datang, waktu-waktu yang ramai dipadati oleh peziarah adalah bulan Muharam, bulan Haji dan bulan Suro. Tanggal 12 Rabbiul Awal, hari kelahiran nabi, 27 Rajab atau Isra Miraj.

Ziarah kubur ke makam Sultan Demak dan keluarganya itu dilakukan untuk berdoa dan berzikir, yang dalam bahasa Jawa sering disebut dengan 'ngalap berkah' atau memohon berkah.

Doa ditujukan kepada Tuhan supaya diberikan berkah, rezeki, kesehatan, ketenangan dan di beri keberhasilan dalam melaksanakan tugas. (pe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here