Mengenal “Beras Super Uenak”, Produk Ekonomi Ansor Kedung Jepara - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 27 September 2018

Mengenal “Beras Super Uenak”, Produk Ekonomi Ansor Kedung Jepara

Syukron mengenalkan Beras Uenak kepada PD Muhammadiyah Jepara.
Alhimna.Com - Pimpinan Ranting (PR) Ansor Desa Bugel Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara untuk menyukseskan kemandirian ekonomi kader, kini memproduksi produk yang bernama “Beras Super Uenak”.

Beras ini menggunakan jenis “Mekongga”. Adapun kelebihannya tanpa dioplos, tanpa pemutih, tanpa pengawet, dan tanpa pewangi. Produk yang dikemas 2.5 kg dan 5 kg ini menurut testimoni yang sudah menjajalnya, akan kembali membelinya.

Karena selain rasanya enak, tanpa pengawet, harga terjangkau serta nasinya pulen jika disimpan di dalam rice cocker dalam 2 hari masih enak dan warna masih putih.

Lagi, menurut testimoni, sebagai produk kemasan beras ini tergolong dengan harga terjangkau. Untuk ukuran 2.5 kg harganya 27.000 sedangkan yang ukuran 5 kg seharga 53.500.

Sejak dikenalkan kali pertama pada 4 Agustus 2018 lalu bersamaan dengan Launching Usaha Ansor Mandiri dan Peluncuran “Beras Super Enak” di Gedung MWCNU Kedung Jepara, produk ini juga dipasarkan kepada masyarakat umum.

M. Syukron Makmun, Ketua Bidang Ekonomi GP Ansor Ranting Bugel Kedung Jepara ini selain membidik per desa di Kecamatan Kedung dan Jepara juga merambah ke luar daerah misalnya Semarang, Magelang, dan Yogyakarta. Untuk distributor/ agen kata dia dengan harga khusus.

Dia menjelaskan untuk distribusi selain dipasarkan ke luar daerah, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada PCNU juga saat kegiatan Halal Bihalal PCNU dan PD Muhammadiyah Jepara yang dilaksanakan di Pendopo Jepara beberapa waktu yang lalu.
 
Perlu diketahui gagasan bidang ekonomi itu muncul dari acara Ngolah Pikir (Ngopi) bersama anak muda NU yang dilaksanakan di Gedung MWCNU Kedung Jepara setiap Ahad Wage.

“Acara “Ngopi” digagas oleh Kiai Afif. Pada waktu itu diskusi membincang NU dan Ekonomi. Hadir Saya (Syukron Makmun), Andriyan (Ketua HIPSI dan HIPMI Kedung) dan sejumlah pengusaha muda NU,” jelasnya, Rabu (26/9/2018). 

Dari pertemuan “Ngopi” itu kemudian disepakati untuk mendirikan badan usaha independen yang berupa koperasi konsumen “Usaha Insan Mandiri” yang mempunyai semboyan “Dari Kita Oleh Kita dan Untuk Kita”.

Untuk tahap awal, menurut Syukron yang juga Ketua Koperasi adalah memproduksi “Beras Super Uenak”. Koperasi ini lanjutnya dikelola sahabat Ansor Ranting Bugel dan PAC GP Ansor Kedung.

“Modalnya murni dari iuran anggota Ansor dan warga NU di Kedung yang sudah gabung jadi anggota,” ungkapnya.

Untuk  SHU-nya 40% dibagikan anggota, 30% penambahan modal usaha dan 30% untuk menghidupi organisasi.

Ditanya soal usaha bidang ekonomi, dia menjawab bahwa koperasi yang sekretariat yang berada di Jalan Raya Bugel Jepara Km. 1 Ruko King Art Lt. 2 Desa Bugel RT. 11 RW.03 Kedung Jepara ini ingin bisa bersaing dengan toko maupun minimarket.

“Tentu dengan memperluas jaringan anggota untuk seluruh warga NU baik di level kecamatan maupun cabang Jepara,” lanjutnya Syukron.

Selain memproduksi “Beras Super Uenak”, produk yang juga sedang dikembangkan ialah minyak, sabun, dan pasta gigi. (ip)


Narahubung order Beras Super Uenak 2.5 kg dan 5 kg 
085 640 033 625 (SMS/WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here