SMK Japa Pati Tiap Bulan Santuni Yatim Piatu - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 17 Agustus 2018

SMK Japa Pati Tiap Bulan Santuni Yatim Piatu

Malam Tirakatan SMK Japa Pati. (Foto: Hamidullah Ibda)

Alhimna.Com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jamaah Pasrah (Japa) Kabupaten Pati menggelar ritual Malam Tirakatan dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 73 di tengah sawah, Kamis (16/8/2018) malam.

Dengan ritual pembacaan maulid nabi dan burdah Malam Tirakatan ini mengusung tema "SMK Japa berkiprah untuk bangsa."

Hadir sejumlah dewan guru, pelajar, pengurus yayasan Jamaah Pasrah dan masyarakat setempat yang mendialogkan makna kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Minanurrohman, Kepala SMK Japa menegaskan kegiatan itu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 yang akan dipuncaki pada Jumat 17 Agustus 2018.

Ia mengatakan selama ini kiprah Yayasan Jamaah dalam mengentaskan kemiskinan sudah diakui publik. Buktinya hampir tiap bulan Yayasan Jamaah Pasrah selalu menggelar santunan kepada yatim piatu dan fakir miskin di luar kegiatan tahunan tiap bulan suro.

Dalam kesempatan itu juga digelar santunan dari donatur yaitu Nur Mahni berupa beras dan uang tunai.

Untuk itu, Jamaah Pasrah lewat SMK Japa makin mendedikasikan diri lewat penguatan pendidikan yang dikelola.

"SMK Japa adalah bagian dari peran nyata Jamaah Pasrah dalam mencerdaskan bangsa khususnya bagi mereka yang notabene adalah yatim piatu dan fakir miskin," kata dia.

Dalam kesempatan itu Kiai Muslim Assalamy Alhafiz, Wakil Ketua Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Pati memberikan tausiyahnya di hadapan sekitar 500-an hadirin dari dewan guru, wali murid, tokoh masyarakat, warga sekitar SMK Japa.

"Hakikat kemerdekaan harus bisa menyeimbangkan antara hablun minallah dan hablun minannas," bebernya.

Caranya, menurutnya, yaitu dengan istikamah shalat 17 rakaat.

"Angka 1 menunjukkan hablun minallah. Angka 7 hablun minannas. Dianalogikakan dengan seminggu 7 hari. Langit dan bumi ada 7 tingkatan. Agustus disimbolkan dengan 8. Sebagai mana doa kita ketika duduk di antara dua sujud. 19 merupakan simbol kemenangan, sebagai mana Alquran Surat An-nasr jumlah ayat pertama hurufnya 19," beber penghafal Alquran itu.

Dalam surat pertama, artinya "Apabila Pertolongan Allah dan Kemenangan telah tiba" yang dimaksud Kiai Muslim di atas adalah berkat dan rahmat Allah Swt. Maka, dalam HUT Kemerdekaan RI ada campur tangan Allah.

Sehingga, kemerdekaan harus dibangun dengan hablun minallah dan minannas sebagai relasi horizontal dan vertikal antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan Tuhan.

Dalam surat An-Nasr merupakan surat ke-110 dalam Alquran. Surat ini terdiri atas 3 ayat dan termasuk surat Madaniyah yang sangat reliabel dengan makna kemerdekaan 17 Agustus 1945. (hi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here