Menristekdikti Serahkan SK Pendirian Politeknik Balekambang Jepara - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 15 Mei 2018

Menristekdikti Serahkan SK Pendirian Politeknik Balekambang Jepara

M Nasir, Menristek menyerahkan SK pendirian Politeknik Balekambang. (Foto: Sukardi) 
Alhimna.Com – Lembaga pendidikan tinggi di lingkungan Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang desa Gemiring Lor kecamatan Nalumsari kabupaten Jepara akan bertambah  pada tahun akademik 2018/2019 mendatang.

Setelah berdirinya Ma’had Aly tahun lalu, kini berdiri Politeknik Balekambang Jepara.  Surat Keputusan (SK) Izin Pendirian telah diserahkan  Menrsitekdikti, Prof H Mohammad Nasir PhD. Ak.   kepada Pengasuh Pesantren Balekambang, KH Ma’mun Abdullah Hadziq pada Haflah Akhirissanah Santri di Pesantren Balekambang, Ahad (13/5/2018).

Hadir Dubes Kerajaan Maroko untuk RI, Dr Ouadia Benabdellah, Gubernur Jateng (non aktif) Ganjar Pranowo, Rektor Unnes Prof. Dr. Fathurrahman, Anggota DPR RI, Dr. H. Noor Achmad MA, dan Fathan Subhi,  Forkopinda Jepara, Pejabat Pemkab, Pejabat Kankemenag, Pengurus NU,  pengasuh pesantren, pengurus lembaga pendidikan, serta para wali santri dari berbagai daerah, termasuk luar Jawa.  

Menteri berpesan, agar santri lebih giat dalam belajar, utama ilmu agama.  

‘’Saya dulu juga santri, bisa menjadi Doktor, kemudian menjadi Profesor  dan sekarang jadi Menteri,’’ ujar  Guru Besar yang pernah menjadi Calon Rektor Undip ini.

Dengan turunnya SK Politeknik Menteri berharap Balekambang semakin komplet dalam penyelenggaraan pendidikan. Ini penting, untuk memberikan dorongan santri. 

Hal senada juga disampaikan Pengasuh Pesantren Balekambang, KH Ma’mun Abdullah Hadziq. 

‘’Selain Ma’mad ‘Aly yang konsentrasinya pendidikan agama, kehadiran politeknik memberikan pilihan santri untuk menekuni profesi yang sangat berguna untuk bekal dalam dakwah saat kembali ke masyarakat.’’

Ada 3 Program Studi Diploma IV yang akan dibuka yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RKL), Administrasi Bisnis Internasional, dan Akuntansi Keuangan Publik.  ‘’Khusus untuk mahasantri Politeknik, tidak diwajibkan masuk pondok.’’

Pengurus Pesantren Balekambang KH Mustamir Wildan menambahkan santri yang lulus tahun ini berjumlah 556 dari jumlah santri 3000 lebih. Mereka dari jenjang tahfidh, salafiyah, MI, MTs, MA, dan SMK. 

Mustamir menambahkan para santri dari berbagai jenjang pendidikan selalu didorong untuk meraih bekal baik dalam ilmu agama, juga didorong memiliki life skill yang sangat berguna bagi masa depan.

Bupati Jepara, H. Ahmad Marzuqi SE juga memberikan dorongan agar santri semakian giat belajar. Tuntutan zaman sekarang dan ke depan, santri  harus menguasai perangkat ilmu yang komplit. 

‘’Jadi, santri, ya ngaji, ya kuliah. Sekarang peluang sudah terbuka lebar dan mudah,’’ ujar Ahmad Marzuqi, yang pernah nyantri di sejumlah pondok pesantren. (su)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here