Ansor Harus Kawal Program Desa - Alhimna

Breaking

Alhimna

Ilhami Dunia Dengan Aswaja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 22 April 2018

Ansor Harus Kawal Program Desa

Alhimna.Com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang bertema “Peran Pemuda dalam Pemberdayaan Desa” yang berlangsung di Balai Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, Jumat (13/4/2018) malam.

FGD yang spesifik membahas Alokasi Dana Desa (ADD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) itu hasil kerja sama GP Ansor Kecamatan Mlonggo, Forum Lintas Pelaku (FLP) dan Lingkar Desa.

Khoirul Anam, pemantik FGD memaparkan dengan adanya UU Desa praktik hari ini desa bukan lagi menjadi objek pembangunan. “Melainkan desa hari ini menjadi subjek pembangunan yang anggaran pembangunan itu berasal dari dana desa,” papar pegiat Lingkar Desa ini.

Sehingga konsep desa membangun mulai diterapkan di Indonesia. “Sekarang polanya dari bawah ke atas. Desa membangun Indonesia,” tandasnya kepada 30 peserta.

Karena itu desa yang sekarang diberikan kewenangan untuk merancang pelaksanaan melalui dana desa maka sebagai pemuda khususnya Ansor harus mengawal agar proses perencanaan dan pelaksanaan program desa berjalan dengan baik.

Kesempatan itu, Kasatkorpok Banser desa Sowan Kidul kecamatan kedung Kabupaten Jepara itu juga memaparkan dan membagikan data anggaran dana desa kecamatan Mlonggo kepada peserta dan mengajak mereka untuk menganalisa dan membedah anggaran dana desa tersebut.

Ketua PAC GP Ansor Mlonggo, Ainul Mahfudh mengemukakan dengan FGD itu dia berharap kader-kader Ansor Ranting memahami pola penganggaran dan implementasi dana di desanya.

Dikatakan Ainul desa punya dana desa yang setiap desa beda-beda angkanya lebih dari 1 M. “Maka Ansor ranting sebagai organisasi pemuda NU saya kira harus mengawal agar penggunaan dana desa itu tepat sasaran,” harapnya. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here